Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan - Kepri Promotion

Wednesday, September 7, 2022

Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan

 Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan


Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan

Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan

 

Selamat siang encik dan puan literasi. !!!


Kamis, 25 Agustus 2022 Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (PERDA) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perpustakaan di Swissbell Hotel Harbour Bay Batam.


Sosialisasi Perda Penyelenggaraan Perpustakaan


Tujuan dari PERDA ini sesuai dengan amanat pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan sebagai wahana Pendidikan, penelitian rekreasi dan pelestarian budaya.


Dalam Pasal 3 menjelaskan poin (1) setiap Instansi Pemerintah Daerah, SKPD, Lembaga Pendidikan nonpemerintah baik umum atau agama dapat menyediakan Perpustakaan sesuai dengan jenis masing-masing dan poin (2) dalam menjamin ketersediaan layanan Perpustakaan secara merata, setiap penyelenggara tempat dan/atau fasilitas umum menyediakan Perpustakaan, Taman Bacaab dan/atau Pojok Baca.


Kegiatan Sosialisasi PERDA ini dibuka oleh Asisten III Administrasi Umum Pemko Batam, Bapak Heriman sekaligus memberikan sambutan menyatakan tentang “Gerakan literasi sudah menjadi prioritas Pemko Batam dalam mengentaskan buta huruf. Saat ini keberadaan area baca didilingkungan pemerintahan sudah ada. Hanya saja dengan adanya PERDA ini keberadaan area baca menjadi keharusan, guna mendukung Gerakan literasi,” sebutnya.


Narasumber kegiatan sosialisasi PERDA INI diisi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam. Bapak Drs. Samudin dan Staff Ahli Bidang Ekonomi Setdako Batam Bapak Demi Nasbullah Nasution, M.Si. Peserta kegiatan ini terdiri dari kelurahan dan kecamatan yang ada di Kota Batam serta MKKS, K3S dan beberapa asosiasi yang ada di Kota Batam.


Ketua panitia acara, Ibu Nor Komariah, S.Pd selaku Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batam mengatakan hadirnya PERDA ini mendorong terciptanya area baca di area public. Melalui kehadiran area baca ini Pemko Batam ingin meningkatkan Gerakan pembudayaan gemar membaca kepada generasi yang ada saat ini. Kegiatan sosialisasi ini diharapkan peserta undangan bisa melaksanakan PERDA ini dengan baik.


#pemerintahkotabatam

#perpustakaan

#peraturandaerah


#BataMiliKita #BatamMilikKita 

Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda